Mengatasi Gejala GERD dengan Promag dan Lakukan Penerapan Pola Hidup Sehat


Penyakit asam lambung menjadi salah satu gangguan pencernaan yang kerap diderita. Penyakit ini terjadi karena kadar zat asam lambung mengalami kenaikan, sehingga menyebabkan asam ini naik menuju kerongkongan. Saat asam lambung naik ke kerongkongan ini, biasanya penderita akan mengalami heartburn, yaitu sensasi terbakar pada bagian dada. Selain itu biasanya penderita juga akan mengalami perut mulas.

Asam lambung merupakan zat yang diproduksi di dalam lambung dan berguna untuk membantu proses pencernaan makanan. Namun ketika jumlahnya berlebihan, maka bisa menimbulkan asam lambung naik dan menimbulkan rasa nyeri pada ulu hati atau mulas di area dada bagian bawah. Dalam dunia medis, kondisi ini kerap disebut juga dengan istilah GERD (Gastroesophageal reflux disease).

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab asam lambung naik, antara lain:
  • Mengalami kondisi kesehatan tertentu, seperti sakit diabetes, gangguan ginjal, dll.
  • Pengaruh hormon progesteron selama kehamilan.
  • Kebiasaan atau pola makan yang tidak sehat, seperti makan dengan cepat, langsung berbaring setelah selesai makan, memiliki berat badan berlebih, kebiasaan merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol, menggunakan pakaian yang terlalu ketat di bagian pinggang, dll.
  • Mengonsumsi jenis makanan yang bisa memicu asam lambung naik, seperti makanan berlemak, makanan cepat saji, dll.
  • Makan dalam jumlah besar dalam satu kali waktu.
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ketika asam lambung naik biasanya akan menimbulkan gejala berupa heartburn. Namun selain itu, biasanya juga timbul gejala lain, seperti:
  • Mulut terasa asam dan pahit.
  • Kesulitan menelan.
  • Mual dan muntah.
  • Sakit pada bagian tenggorokan.
  • Suara serak.
  • Gangguan pernapasan, seperti sesak napas, batuk-batuk, dll.
  • Gangguan tidur.
  • Kerusakan pada gigi karena sering terkena asam lambung yang naik.
  • Mengalami bau mulut.
Dengan berbagai gejala yang akan dialami tersebut, tentu akan sangat mengganggu berbagai aktivitas yang sedang dijalankan. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan upaya untuk mengatasi gejala GERD atau asam lambung naik. Caranya adalah dengan melakukan beberapa hal berikut ini, yaitu:

1. Minum obat penetral asam lambung.
Melansir dari laman Mayo Clinic, untuk asam lambung naik bisa diobati dengan mengonsumsi jenis obat, antara lain obat yang mengandung antasida (hydrotalcite, magnesium hydroxide, simethicone, dan kalsium karnonat) dan obat yang mengandung famotidine. Salah satu produk obat yang sudah mengandung kombinasi kalsium karbonat, magnesium hydroxide, dan famotidine adalah varian Promag Double Action. Tentunya Promag adalah obat yang sudah tidak asing lagi di telinga. Untuk kandungan ketiga bahan di dalam Promag Double Action ini sangat membantu untuk menetralkan asam lambung dan mengurangi jumlah produksi asam lambung yang berlebihan. Efek dari obat Promag ini bisa bertahan lebih lama dalam meredakan gejala asam lambung naik. Sehingga Anda bisa dengan mudah untuk mengatasi gejala GERD dengan Promag Double Action.


2. Menjalankan pola makan yang sehat.

Asam lambung yang naik bisa dipicu oleh pola makan yang tidak sehat. Oleh karena itu, langkah tepat agar asam lambung tidak naik adalah dengan menjalankan pola makan sehat. Caranya dengan menghindari jenis makanan asam, banyak mengandung gas, berminyak, atau berlemak.


3. Menghindari tekanan pada bagian perut.

Kebiasaan yang menyebabkan bagian perut mengalami tekanan dan memicu asam lambung naik, seperti menggunakan celana ketat, postur duduk yang bungkuk atau tidak tegap, dan tidur tengkurap. Oleh karena, sebaiknya hindari kebiasaan-kebiasaan ini.


4. Hentikan kebiasaan merokok dan jauhi paparan asap rokok.

Bagi yang belum tahu, merokok bisa memicu lambung memproduksi asam lebih banyak. Itulah sebabnya, selain minum obat yang bisa menetralkan asam lambung, juga perlu menghentikan kebiasaan yang satu ini.

Itu tadi beberapa cara yang bisa dilakukan untuk atasi gejala GERD dan penerapan pola hidup sehat. Semoga bermanfaat.

No comments for "Mengatasi Gejala GERD dengan Promag dan Lakukan Penerapan Pola Hidup Sehat"