Efek Samping Daun Kelor Buat Ibu Hamil


Daun kelor berbentuk kecil dan biasanya digunakan untuk campuran jamu. Untuk Moms yang sedang hamil, ternyata ada banyak lho kegunaan daun kelor untuk ibu hamil dan menyusui. Namun ada juga yang mengatakan bahwa daun kelor berbahaya jika dikonsumsi saat hamil. Fakta atau mitos? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Tahukah, Moms? Ternyata daun kelor kaya akan vitamin, mineral, dan juga anti-oksidan. Dalam setiap 21 gram daun kelor, Moms bisa mendapatkan banyak kandungan seperti:
  • 2 gram protein & Kalsium (4 kali lebih banyak dari kandungan di dalam susu ataupun Yoghurt)
  • 19% vitamin B6
  • 12% vitamin C (7 Kali lebih banyak dari kandungan vit C jeruk)
  • 11% zat besi (3 Kali lebih banyak dari kandungan zat besi kacang almond)
  • 11% vitamin B2
  • 9% vitamin A (3 Kali lebih banyak dari kandungan vit A wortel)
  • 8% Magnesium
  • Potassium (15 Kali lebih banyak dari kandungan potassium dari pisang)

Lalu apa saja manfaat daun kelor untuk ibu hamil dan menyusui. Ini dia daftar manfaat daun kelor jika Moms mengonsumsinya saat hami dan menyusui.

Kaya Zat Besi

Ibu hamil tentu membutuhkan zat besi yang cukup. Dengan mengonsumsi daun kelor, maka Moms bisa menambah kadar zat besi dalam tubuh. Tidak hanya untuk tubuh ibu, tapi kebutuhan zat besi adek bayi dalam kandungan juga terpenuhi.

Baik untuk Mata

Tidak hanya kaya akan zat besi, daun kelor juga mengandung 3 kali lebih banyak vitamin A dari wortel. Dan jika Moms mengonsumsi daun kelor ketika mengandung, tentu saja baik sekali untuk penglihatan adek bayi dan ibu.

Menurunkan Tekanan Darah

Biasanya ibu hamil sering kali mengalami tensi darah tinggi. Nah, hal ini bisa diatasi dengan mengonsumsi daun kelor. Tanaman ini mampu menurunkan tekanan darah Moms selama masa kehamilan menjadi stabil.

Mengontrol Level Gula Darah

Daun kelor juga bisa bermanfaat untuk mengontrol gula darah dalam tubuh. Lecel gula darah tentu sangat berpengaruh bagi ibu dan bayi dalam kandungan.

Menambah Kalsium

Efek daun kelor untuk ibu hamil lainnya adalah daun kelor mengandung kalsium 4x lebih banyak jika dibandngkan dengan kalsium dalam susu yogurt. Tingkat kalsium yang ada di dalam daun kelor akan membantu tumbuh dan kembang janin anda dengan baik.

Meningkatkan Produksi ASI

Daun kelor juga bisa lho Moms digunakan untuk meningkatlan produksi ASI. Tidak hanya produksi ASI yang meningkat, namun kandungan gizi dalam ASI tersebut akan semakin lengkap.

Tapi meski banyak sekali manfaat daun kelor untuk kesehatan. Ada saja mitos daun kelor untuk ibu hamil yang mengatakan bahwa daun kelor berbahaya jika dikonsumsi saat hamil.

Daun kelor memang mengandung lemak, protein, zinc, vitamin C, vitamin A, dan kalium. Sebenarnya Moms, belum ada bahaya daun kelor untuk ibu hamil ketika dikonsumsi, namun sebaiknya Moms memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral dari makanan lainnya.

No comments for "Efek Samping Daun Kelor Buat Ibu Hamil "